Berbagi Metode Pembelajaran percakapan Bahasa Arab

Foto Bersama Tim Pengabdian dan Peserta

Pelatihan oleh Dra. Uswatun Hasanah, M. Hum

Kamis, 19 Juli 2018 bertempat di salah satu Aula Pondok Pesantren Darussalam Ciamis telah berlangsung salah satu bentuk tri darma pendidikan, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dengan mengambil tema Metode Pembelajaran Percakapan Bahasa Arab, para dosen dari prodi Sastra Arab FIB UGM membagikan pengalaman mereka tentang cara mengajar percakapan bahasa Arab yang menyenangkan. Para peserta yang terdiri atas para guru MI, MTs, MA, dan juga ustadz pondok pesantren mendapatkan pengetahuan baru terkait dengan metode pembelajaran percakapan bahasa Arab.

“Biasanya kami hanya menyampaikan mufradat (kosakata) bahasa Arab untuk dihafalkan”, ungkap salah seorang peserta.

“Pernah suatu kesempatan kami meminta siswa untuk mencari kata dalam bahasa Arab berikut gambarnya di Internet. Mereka (siswa) sangat senang”, tambah peserta lainnya.

Setelah para peserta sedikit memberikan gambaran pengalaman yang mereka lakukan di kelas, tim pengabdian prodi sastra Arab kemudian mengkaitkan pengalaman para guru tersebut dengan perkembangan pendidikan sekarang. Dimulai dengan pemaparan tentang model pendidikan di era digital, diikuti dengan model pemerolehan pengetahuan yang efektif menurut para ahli, para peserta kemudian diberitahu tentang metode yang biasa digunakan di prodi sastra Arab.

Agar peserta tidak hanya mendengarkan materi, tim pengabdian juga meminta para peserta secara berkelompok untuk mempraktikkan beberapa metode yang mereka pilih sendiri di hadapan peserta lainnya. Karena semua peserta adalah guru-guru, tentu mereka mampu mempraktikkan metode yang ditawarkan dengan baik. Akan tetapi, karena beberapa peserta harus menjadi murid ketika kelompok lain praktik, kelucuan dan keisingengan pun terjadi. Beberapa guru yang menjadi murid sengaja berperan sebagai anak bandel yang mengganggu proses pembelajaran. Akibatnya kelas pun riuh dengan tawa peserta dan juga tim pengabdian.

Meskipun dalam praktik pembelajaran terkesan bercanda, tetapi para peserta mengakui bahwa metode-metode yang ditawarkan cukup menarik dan ingin segera mereka terapkan di kelas-kelas mereka. Mereka juga sangat berterimakasih atas kesediaan tim pengabdian prodi sastra Arab rela jauh-jauh datang ke Ciamis untuk membagikan pengalaman kepada mereka.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.