FESTIVAL KEBUDAYAAN ARAB (FKA) 2018

Festival Kebudayaan Arab (FKA) kembali digelar oleh Ikatan Mahasiswa Sastra Arab (IKMASA) Fakultas Ilmu Budaya Universitas Gadjah Mada pada Jumat hingga Senin, 26–29 Oktober 2018. FKA tahun 2018 ini merupakan FKA kali keempat yang dihelat oleh IKMASA sejak dimulainya untuk pertama kali pada tahun 2012. Secara berturut-turut, FKA kedua dan ketiga dilaksanakan pada tahun 2014 dan 2016. Secara organisasi, IKMASA memang merencanakan untuk menjadikan FKA ini sebagai acara rutin dua tahunan.

Selain untuk memperkenalkan karya-karya sastra Arab kepada mahasiswa dan khalayak umum, Festival Kebudayaan Arab kali ini sedianya juga dihelat sebagai bentuk apresiasi terhadap hasil kesusastraan Arab dan upaya untuk menjalin silaturahmi antarmahasiswa prodi bahasa Arab dan sastra Arab dari berbagai universitas se-Indonesia; serta meningkatkan pengetahuan tentang berbagai karya sastra yang ada di Palestina kepada mahasiswa dan khalayak umum. Karenanya, tak heran jika FKA kali ini mengambil tema besar “Romansa Sastra dalam Senandung al-Quds”.

Peserta Festival Kebudayaan Arab ini terbuka bagi mahasiswa, siswa SMA/sederajat di seluruh Indonesia dan umum. Pada tahun ini, FKA menyelenggarakan dua kategori acara, yakni lomba bahasa Arab dan festival kebudayaan. Lomba bahasa Arab ini mencakup lomba debat bahasa Arab, lomba baca puisi bahasa Arab, lomba baca berita bahasa Arab, lomba pidato bahasa Arab, serta lomba esai dan presentasi bagi kategori mahasiswa. Sedangkan bagi kategori siswa, lomba yang digelar adalah lomba taqdimul qioh, lomba pidato bahasa Arab, serta lomba olimpiade bahasa Arab.

Untuk kategori umum, lomba yang dilaksanakan adalah lomba menyanyi lagu Arab, lomba kaligrafi, lomba musābaqah qirā’atil kutub (MQK) serta lomba hadrah. Selain berbagai perlombaan tersebut, digelar juga bazar dan diskusi panel selama FKA berlangsung. Peserta lomba FKA kali ini berasal dari beberapa sekolah dan perguruan tinggi/universitas berbagai daerah di Indonesia bahkan hingga Malaysia. Beberapa universitas dan sekolah tersebut misalnya Universitas Islam Indonesia, UNIDA PUTRI, Universitas Padjadjaran, UIN Maliki Malang, UIN Sunan Kalijaga, UIN Sunan Gunung Djati, Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Instika Annuqayyah Madura, Universitas Ahmad Dahlan, IAIDA Banyuwangi, IAI Dalwa, Universitas Malang, UIN Walisongo, MA Al-Kahfi Bogor, MAN 2 Yogyakarta, MA Al-Hikmah 2 Brebes, MA PP Darul Qurro Cilacap, MA Darul Arqom Garut, serta Universiti Islam Malaysia.

Festival Kebudayaan Arab 2018 ini diikuti oleh lebih dari 400 orang peserta. Dengan peserta terjauh berasal dari negara Malaysia. Juara umum FKA tahun 2018 ini diraih oleh Universitas Islam Yogyakarta dengan total perolehan tiga medali emas dari cabang lomba baca berita bahasa Arab, lomba kaligrafi dan lomba menyanyi lagu Arab. []

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.