Budaya Arab: Fakta dan Tantangan

Written by Arief. Posted in Sticky News Right

Bertempat di ruang Multimedia Gedung RM. Margono FIB UGM, pada hari Rabu 10 September 2014 telah berlangsung seminar internasional bertema Budaya Arab: Fakta dan Tantangan. Hampir seluruh pengajar, peneliti, dan pemerhati bahasa, sastra, dan juga budaya Arab di Indonesia, terutama di pulau jawa ikut berpartisipasi dalam forum ilmiah tersebut. Mereka antusias mengikuti jalannya seminar karena selain memang menjadi bidang kajian mereka, kehadiran para pembicara dari negeri Arab menjadi daya pikat tersendiri. Prof. Dr. Osamah Sayyed Aly, Prof. Dr. Hassan Youssef , dan juga Prof. Dr. Sherif Saad Mohammed El Gayyar adalah pembicara luar yang datang pada kesempatan tersebut.

Seminar seperti ini memang banyak ditunggu oleh para pecinta bahasa, sastra, dan budaya Arab. Seperti dinyatakan oleh Prof. Dr. Sangidu dalam pengantar proseding seminar, bahwa selama ini banyak peneliti bahasa, sastra, dan juga budaya Arab terpaksa mengimport teori-teori dari barat.  Selayaknya, melalui forum seperti ini dapat dirumuskan teori khas Arab untuk dapat digunakan dalam kajian bahasa, sastra, dan budaya Arab. Oleh karena itu, seminar ini dibagi ke dalam empat tema besar. Bahasa, sastra, budaya, dan pendidikan.

Dari seminar tersbeut, terkumpul sejumlah pemikiran yang menarik. Semua makalah yang dipresentasikan dalam seminar tersbut termaktub dalam proseding seminar. Dengan adanya proseding, diharapkan sebaran ide-ide dalam mudah ditela’ah ulang untuk kemajuan bahasa, sastra, dan budaya Arab.

sastra arab

sastra arab

 

Leave a comment