PROSEDUR YUDISIUM

Prosedur Yudisium

 

  1. Melakukan revisi skripsi
  2. Mengajukan revisi skripsi kepada dosen penguji dengan alur sebagai berikut.

Membawa print out skripsi yang sudah direvisi kepada penguji, dimulai dari dosen pembimbing skripsi>dosen penguji utama>dosen komite skripsi (dengan membawa skripsi masing-masing penguji ketika sidang);

  1. Meminta persetujuan/tanda tangan lembar pengesahan skripsi kepada dosen penguji, dimulai dari dosen pembimbing skripsi>dosen penguji utama>dosen komite skripsi>kaprodi. Setelah lengkap, memintakan cap pada lembar pengesahan skripsi tersebut kepada akademik fakultas.
  2. Mendaftarkan diri sebagai mahasiswa layak yudisium
  • Apabila tidak ada mata kuliah yang dihapus:
  • mengirimkan transkrip nilai ke email akademik akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_permohonan layak yudisium_NIU_nama mahasiswa)
  • Syarat transkrip nilai yang dikirimkan:
  1. Nilai semua mata kuliah wajib minimal C termasuk KKN dan skripsi
  2. Jumlah SKS 144-149 (opsional, boleh lebih dari 149 SKS dengan persetujuan kaprodi); tidak memiliki nilai E;
  3. Jumlah SKS mata kuliah pilihan dengan nilai D tidak lebih dari 25%
  • Apabila ada mata kuliah yang akan dihapus:
  • Mengisi form penghapusan matakuliah yang disetujui oleh DPA dan kaprodi; 
  • Menyampaikan kepada staf akademik fakultas jika ingin menghapus mata kuliah dengan menyerahkan form penghapusan mata kuliah tersebut (luring langsung ke fakultas). Staf akademik akan memberikan transkrip nilai terbaru setelah ada mata kuliah yang dihapus.
  1. Menyiapkan file-file yudisium, yaitu
  1. Surat permohonan yudisium 
  2. Transkrip sementara 
  3. Form penghapusan mata kuliah pilihan yang sudah disetujui oleh DPA dan Kaprodi (jika ada mata kuliah yang dihapus) 
  4.  Checklist mata kuliah sesuai dengan kurikulum program studi (akan dicek dan dilengkapi bagian akademik) 
  5.  Riwayat herregistrasi dari simaster yang menunjukkan mahasiswa terdaftar aktif pada semester pendaftaran yudisium dan nominal kolom bayar harus sama dengan kolom Kewajiban 
  6.  Sertifikat Pelatihan Pembelajaran Sukses Mahasiswa Baru (PPSMB) 
  7.  Surat bebas pinjam dari perpustakaan FIB UGM 
  8.  Tanda terima penyerahan file pdf skripsi ke perpustakaan FIB UGM (akan didapat setelah mengirimkan seluruh file skripsi ke email perpustakaan FIB)
  9.  Tanda terima penyerahan file pdf skripsi ke program studi (akan didapat setelah mengirimkan seluruh file skripsi ke email admin Prodi Sastra Arab)
  10.  Surat keterangan memenuhi syarat wisuda 
  11.  Surat pernyataan (bermaterai) tidak memiliki tanggungan pinjaman buku di perpustakaan seluruh UGM dan alat-alat laboratorium di lingkungan UGM 
  12.  Kartu peserta tes AcEPT yang telah ditandatangani pengawas dan distempel Pusat Bahasa UGM atau nilai tes AcEPT pada awal masuk sebagai mahasiswa (bisa dilihat di web pusat Bahasa). 
  13.  Form judul skripsi 
  14.  Cover skripsi dalam Bahasa Indonesia 
  15.  Cover skripsi dalam Bahasa Inggris 
  16.  Ijazah SLTA 
  17.  Akte kelahiran dan surat pernyataan penulisan ijazah (apabila ada perbedaan data pada ijazah SLTA) 
  18.  KTP 
  19.  KTM 
  20.  KHS yang jumlah SKS per semester lebih dari 24 SKS (apabila ada) 
  21.  Surat cuti kuliah (apabila pernah cuti kuliah)
  1. Unggah Mandiri ETD UGM
  1. Siapkan hasil scan lembar pengesahan skripsi yang sudah valid;
  2. Siapkan hasil scan lembar pernyataan bebas plagiasi yang sudah diberi materai 10.000 dan diberi tanggal sesuai tanggal 
  3. Siapkan hasil scan lembar pernyataan publikasi (tidak harus bermaterai)
  4. Satukan semua dokumen (lembar pengesahan skripsi, lembar pernyataan bebas plagiasi, lembar pernyataan publikasi, dan dokumen full skripsi) dan sesuaikan halamannya.
  5. Ubah dokumen full skripsi menjadi format PDF
  6. Bookmark dokumen skripsi, dari bab sampai ke sub-sub bab
  7. Pisahkan dokumen skripsi yang sudah dibookmark menjadi tujuh dokumen, dengan format penamaan dokumen sebagai berikut.

(untuk program sarjana (S1): 

Tingkat Pendidikan-Tahun Lulus-Nomor Induk Universitas (NIU)-Bagian File

Contoh:

  • S1-2019-3200333-title                                    (penamaan file halaman judul)
  • S1-2019-3200333-tableofcontent       (penamaan file halaman daftar isi)
  • S1-2019-3200333-abstract                  (penamaan file halaman abstract, intisari, mulakhas/intisari Bahasa Arab)
  • S1-2019-3200333-introduction           (penamaan file bab pendahuluan)
  • S1-2019-3200333-conclusion              (penamaan file bab kesimpulan)
  • S1-2019-3200333-bibliography           (penamaan file daftar pustaka)
  • S1-2019-3200333-complete                (penamaan file naskah skripsi lengkap)

*Seluruh file tidak dipassword

  1. Unggah seluruh file ke alamat https://unggah.etd.ugm.ac.id (dengan email UGM) dan isi data-data yang dibutuhkan
  2. Setelah selesai mengunggah, cek website https://unggah.etd.ugm.ac.id secara berkala. Staf perpusat UGM akan memverifikasi dan memberikan feedback jika ada file atau data yang belum tepat
  3. Jika unggahan dinyatakan berhasil dan tidak ada yang perlu diperbaiki, kolom “unggah mandiri ETD” di simaster (di bagian yudisium dan wisuda, di bawah “biodata”) akan berwarna hijau
  1. Mengirim seluruh file skripsi yang diunggah mandiri ETD tadi (tujuh file) ke email perpustakaan FIB library.fib@ugm.ac.id dengan format sebagai berikut.

Subyek email: Penyerahan Karya Akhir Skripsi_Nama_NIM_Jurusan

Body email:

Nama                                            : Annisa Nurul Azizah

Program Studi                           : S1 Sastra Arab 

Dosen Pembimbing                 : Dr. Zulfa Purnamawati, M.Hum 

Tanggal Ujian/disetujui         : 19 September 2022 

Periode Wisuda                        : November 2022

*Kirim email pada jam kerja dan tunggu verifikasi dari staf perpustakaan. Apabila sudah mendapat verifikasi dari perpustakaan dan dinyatakan berhasil, maka feedback yang didapatkan berupa surat bebas pustaka dan tanda terima skripsi dari perpustakaan FIB.

  1. Mengirim file skripsi yang complete ke prodi Sastra Arab UGM ke email sasbar.fib@ugm.ac.id

Subyek email  : Penyerahan Karya Akhir Skripsi_Nama_NIM

Body email:

Nama                                      : Annisa Nurul Azizah

Program Studi                         : S1 Sastra Arab 

Dosen pembimbing                 : Dr. Zulfa Purnamawati, M.Hum 

Tanggal Ujian/disetujui           : 19 September 2022 

Periode Wisuda           : November 2022

*Kirimkan email pada jam kerja. Admin prodi akan memberi feedback berupa surat tanda terima skripsi dari Prodi Sastra Arab.

  1. File-file di atas dikumpulkan ke akademik fakultas melalui email  akademik.fib@ugm.ac.id (subyek: nama prodi_berkas yudisium dan wisuda_NIU_nama mahasiswa)
  2. Mengirimkan KTM asli melalui pos/sejenisnya atau langsung ke Seksi Akademik Fakultas Ilmu Budaya UGM, Jalan Nusantara 1 Bulaksumur Yogyakarta 55281 serta ditulisi hal Berkas Wisuda S1 Prodi ………….. . 
  3. Mengakses dan mendaftar yudisium dan wisuda (proses dilakukan secara daring) melalui akun simaster UGM masing-masing pada bagian “yudisium dan wisuda”.
  • Isi bagian biodata pada simaster “yudisium dan wisuda” (kecuali berita acara/SKL, SKL akan diberikan oleh akademik setelah mengirimkan seluruh persyaratan yudisium ke email akademik fakultas)
  • Pengisian nama, tempat/tanggal lahir yudisium online sama dengan data di ijazah SLTA/akte kelahiran*) 
  • Upload pasfoto wisuda secara online (berwarna, resmi, terbaru, dan berlatar belakang putih) 

Ketentuan pasfoto:

  1. Ukuran Foto 
  1. Foto berwarna background putih 
  2. Ukuran maksimal 2 MB dengan ukuran/rasio foto 3 : 4 dan format .jpg (jika ukuran/rasio foto belum sesuai ketentuan, bisa dilakukan crop foto terlebih dahulu) 
  3. Ukuran foto proporsional (proporsi wajah antara 25% ‐30% dari foto) 
  4. Jarak kepala ke batas kanan kurang lebih sama dengan arak kepala ke batas kiri 
  5. Ujung pundak tidak terlihat 
  1. Pakaian 
  1. Pria: Kemeja putih, dasi hitam, jas hitam (bukan jas almamater) 
  2. Wanita: Kemeja putih, blazer hitam (bukan jas almamater) 
  3. Bagi wanita berjilbab: Mengenakan kemeja putih, jas hitam (bukan jas almamater), jilbab hitam dan dimasukkan dalam kemeja 
  1. Posisi 
  1. Badan dan kepala tegak sejajar menghadap ke depan 
  2. Kedua daun telinga harus kelihatan bagi yang tidak berjilbab 
  3. Tidak menggunakan kacamata, cadar, masker, dan penghalang wajah lainnya 
  1. Kualitas Foto 
  1. Foto harus jelas/tajam dan tidak kabur 
  2. Bukan foto hasil scan/repro dari HP 
  • Mengisi survei pembelajaran
  • Mengisi permohonan kartu kagama
  • Mengisi pendaftaran wisuda online di simaster (menyusul setelah pendaftaran yudisium online di simaster diverifikasi oleh Fakultas dan DPP) 
  1. Mengirimkan berkas yudisium dan wisuda ke email akademik.fib@ugm.ac.id paling lambat tanggal 20 tiap bulannya. Apabila tanggal 20 bertepatan dengan hari libur/Sabtu/Minggu, maka berkas dikumpulkan pada hari Senin berikutnya. 

 

 

Prosedur Yudisium

Daftar Keperluan Yudisium

Lembar Pernyataan Publikasi

Form Judul Skripsi

Surat Keterangan Bebas Pinjaman

Surat Keterangan Memenuhi Syarat Wisuda

Form Permohonan Pembatalan Mata Kuliah Pilihan

Surat Permohonan Yudisium

Terakhir diperbarui 10 Januari 2023 

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.