Pos oleh :

Berbagi Metode Pembelajaran percakapan Bahasa Arab

Foto Bersama Tim Pengabdian dan Peserta
Pelatihan oleh Dra. Uswatun Hasanah, M. Hum

Kamis, 19 Juli 2018 bertempat di salah satu Aula Pondok Pesantren Darussalam Ciamis telah berlangsung salah satu bentuk tri darma pendidikan, yaitu pengabdian kepada masyarakat. Dengan mengambil tema Metode Pembelajaran Percakapan Bahasa Arab, para dosen dari prodi Sastra Arab FIB UGM membagikan pengalaman mereka tentang cara mengajar percakapan bahasa Arab yang menyenangkan. Para peserta yang terdiri atas para guru MI, MTs, MA, dan juga ustadz pondok pesantren mendapatkan pengetahuan baru terkait dengan metode pembelajaran percakapan bahasa Arab.

“Biasanya kami hanya menyampaikan mufradat (kosakata) bahasa Arab untuk dihafalkan”, ungkap salah seorang peserta.

“Pernah suatu kesempatan kami meminta siswa untuk mencari kata dalam bahasa Arab berikut gambarnya di Internet. Mereka (siswa) sangat senang”, tambah peserta lainnya.

Setelah para peserta sedikit memberikan gambaran pengalaman yang mereka lakukan di kelas, tim pengabdian prodi sastra Arab kemudian mengkaitkan pengalaman para guru tersebut dengan perkembangan pendidikan sekarang. Dimulai dengan pemaparan tentang model pendidikan di era digital, diikuti dengan model pemerolehan pengetahuan yang efektif menurut para ahli, para peserta kemudian diberitahu tentang metode yang biasa digunakan di prodi sastra Arab.

Agar peserta tidak hanya mendengarkan materi, tim pengabdian juga meminta para peserta secara berkelompok untuk mempraktikkan beberapa metode yang mereka pilih sendiri di hadapan peserta lainnya. Karena semua peserta adalah guru-guru, tentu mereka mampu mempraktikkan metode yang ditawarkan dengan baik. Akan tetapi, karena beberapa peserta harus menjadi murid ketika kelompok lain praktik, kelucuan dan keisingengan pun terjadi. Beberapa guru yang menjadi murid sengaja berperan sebagai anak bandel yang mengganggu proses pembelajaran. Akibatnya kelas pun riuh dengan tawa peserta dan juga tim pengabdian.

Meskipun dalam praktik pembelajaran terkesan bercanda, tetapi para peserta mengakui bahwa metode-metode yang ditawarkan cukup menarik dan ingin segera mereka terapkan di kelas-kelas mereka. Mereka juga sangat berterimakasih atas kesediaan tim pengabdian prodi sastra Arab rela jauh-jauh datang ke Ciamis untuk membagikan pengalaman kepada mereka.

Judul Penelitian 2018

Judul-judul Penelitian Dosen Prodi Sastra Arab tahun 2018

No Judul Peneliti Anggota Peneliti
1 Matinya Karya Terjemahan Sastra Arab di Indonesia Arief Budiman, M.A.
2 Membangun Identitas dalam Realitas Global: Kajian Poskolonial terhadap Novel Girls of Riyadh Dr. Hindun, M.Hum.
3 Penyerapan Terminologi Politik Bahasa Inggris ke Dalam bahasa Arab: Studi Kasus pada Mausu’ah As-Siyasah Karya ‘Abdul-Wahhab Al-Kayyaliy (1985) Hamdan, M.A.
4 Jamak dalam Bahasa Arab Prof. Dr. Syamsul Hadi, S.U., M.A.
5 The Controversy of “Nur Muhammad” Concept in Malay Manuscripts Prof. Dr. Sangidu, M.Hum.
6 Bentuk dan Fungsi Tulisan pada Tato Arab di Media Sosial Abdul Jawat Nur,  M.Hum. M. Lutfi Mubarak (asisten)
7 Morfem-Morfem Pemarkah Transitif dan Intransitif dalam Verba Mazid (Berimbuhan) Bahasa Arab Standar Modern Dr. Amir Ma’ruf, M.Hum. Afnan Sinto Aji (asisten)
8 Gian Habib Syah (asisten)
9 Kepaduan Teks Verbal dan Nonverbal dalam Meme Instagram Berbahasa Arab Dr. Moh. Masrukhi, M.Hum. Muhammad Izzudin (asisten)

Sastra Arab Raih Juara Mapres 2018

Sleman, 6 Maret 2018 – Mahasiswa Sastra Arab berhasil meraih juara III mahasiswa berprestasi (mapres) Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Gadjah Mada. Pemberian penghargaan mahasiswa berprestasi Fakultas Ilmu Budaya ini dilaksanakan pada saat Rapat Senat Terbuka dalam rangka Dies Natalis FIB ke-72 di Auditorium Plaza FIB (6/3). Isti Baroroh (berjilbab kuning), mahasiswa angkatan 2015 berhasil menjadi mahasiswa berprestasi III Fakultas Ilmu Budaya 2018. Isti mengaku sangat kaget dan tidak percaya akan penghargaan yang diberikan kepadanya sebagai mahasiswa berprestasi fakultas.
“Pada akhir semester lalu saya diminta Mbak Umi (admin Departemen Bahasa dan Sastra) untuk mengumpulkan berkas-berkas seperti transkip nilai terakhir serta piagam penghargaan. Sehari sebelum Dies Natalis FIB saya dihubungi oleh bagian akademik untuk datang ke acara Rapat Senat Terbuka untuk menerima penghargaan sebagai mahasiswa berprestasi. Saya sangat kaget tetapi juga bersyukur,” ungkap Isti. Selain memiliki nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) yang gemilang, gadis kelahiran Banyuwangi ini juga memiliki segudang prestasi. Salah satu prestasinya saat kuliah adalah juara II lomba esai Festival Timur Tengah (FTT), Universitas Indonesia pada tahun 2017. Isti juga berpesan kepada seluruh adik tingkat jika ingin menjadi mahasiswa berprestasi hendaknya menyiapkan diri agar memiliki indeks prestasi yang baik.
Program mahasiswa berprestasi ini dilaksanakan oleh bagian akademik FIB yang bertujuan untuk memberikan motivasi kepada seluruh mahasiswa FIB untuk berlomba-lomba mengukir prestasi.

(Humas Ikmasa/Prilla; foto:Arief)

Kajian Bahasa dan Sastra Arab Modern

Buku berjudul Kajian Bahasa dan Sastra Arab Modern ini merupakan kumpulan hasil penelitian 7 orang dosen Prodi Sastra Arab FIB UGM yang dilakukan pada tahun 2015. Setelah menempuh proses editing dengan editor Dr. Fadlil Munawwar Manshur, juga dosen Prodi Sastra Arab, buku ini dipublikasikan untuk pertama kalinya pada tahun 2017.
Tujuh bab yang ada dalam buku ini terdiri atas hasil penelitian dengan judul sebagai berikut

Sastra Arab

Gaya Bahasa Tasybih dalam Ahbabtuka Aksara min Ma Yanbagi: Prespektif Stilistika Arab

  1. Kalam Khabar dan Kalam Insya’ dalam Novel al-Fiil al-Azraq: Pendekatan Ma’aniy
  2. Majas Perbandingan dalamGamar Fursan Wa Kahnah kayra Munzir al-Qabbaniy: Analisis Stilistika
  3. Diskriminasi Rasial di Negara Arab dalam Saqul-Bambu karya Sa’ud as-San’usi: Analisis Semiotik
  4. Citra Perempuan dalam Pernikahan dan Perjodohan dalam novel Garamiyyat Syaril-A’sya Karya Badriyyah al-Bisyr: Analisis Kritik Sastra Feminis
  5. Interpretasi Ketaksadaran Tokoh Utama dalam Novel al-Fil al-Azraq karya Ahmad Murad: Analisis Psikologi Sastra
  6. Revolusi di Mata Ahmad Murad dalam Riwayah 1919: Analisis Strukturalisme Genetik Lucien Goldmann.